Rabu, 28 November 2012

 MICROWORM => Pakan hidup Burayak

Pakan hidup untuk burayak (anak ikan) ikan cupang, guppy dan anak ikan yang berukuran kecil, berupa cacing micro yang biasa disebut dengan microworm (MW).




 

Efek yang dihasilkan ketika burayak di beri pakan berupa microworm antara lain meningkatkan tingkat pertumbuhan burayak, meningkatkan kecerahan warna, dan menignkatkan kesehat...an burayak secara keseluruhan. selain itu microworm bisa dikatakan makanan yang relatif cukup murah karna bisa dikultur berulang kali dengan relatif mudah dan dapt dikultur dengan tempat yang tidak terlalu besar.
Sekilas tentang MW, Microworm merupakan nematoda yang memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 2-3 mm dan hidup dengan media yg mengandung asam karena proses fermentasi (Sour nematoda paste). MW sangat aktif dan konstan meliuk-liukan tubuhnya sehingga sangat menarik perhatian burayak yang lapar untuk melahapnya.
berdasarkan hasil googling adapaun Kandungan microworm adalah sebagai berikut :
• Protein 48%
• Lipids 21%
• Glicogen 7%
• Asam Organik 1%
• Air 23%
-protein merupakan kunci utama dalam pertumbuhan ikan. protein mempunyai tiga fungsi bagi tubuh yaitu
1) sebagai zat pembangun yang membentuk berbagai jaringan baru untuk pertumbuhan, mengganti jaringan yang rusak, maupun bereproduksi,
2) sebagai zat pengatur yang berperan dalam pembentukan enzim dan hormon penjaga dan pengatur berbagai proses metabolisme di dalam tubuh ikan,
3) sebagai zat pembakar karena unsur karbon yang terkandung di dalamnya dapat difungsikan sebagai sumber energi pada saat kebutuhan energi tidak terpenuhi oleh karbohidrat dan lemak.
ikan muda membutuhkan 50% protein untuk menopang pertumbuhannya
-lipid berfungsi sebagai cadangan energi
-glicogen berfgungsi sebagai cadangan energi yang dapat disimpan selama 1 hari...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar